MEMBACA FATIHAH DALAM TAHLILAN

MEMBACA FATIHAH DALAM TAHLILAN

Pertanyaan: Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya saya mau bertanya sama Buya. Dalam acara tahlilan biasanya membaca Al-Fatihah pada arwah. Mohon penjelasannya!

Jawaban: Wa’alaikumussalam Wr. Wb. Tahlilan adalah membaca ayat suci Al-Qur’an dan kalimat-kalimat dzikir, kemudian setelah itu berdoa memohon kapada Allah agar pahala bacaan Al-Qur’an dan dzikir tersebut diberikan oleh Allah kepada orang yang telah meninggal dunia. Sudah disepakati para ulama bahwa hal itu adalah hal yang diperkenankan, dan dengan kemurahan Allah orang yang meninggal dunia akan mendapatkan pahala tersebut.

Adapun membaca Al-Fatihah adalah seperti hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa yang membaca 1 huruf dari surat Al-Fatihah dibarengi dengan permohonan kepada Allah maka Allah akan mengkabul doa tersebut. Lihat hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahih Muslim Hadits no: 1339. Itulah kenapa para ulama setiap mengakhiri doa atau memulai doa membaca “Al-Faatihah..,” yaitu agar dikabul doanya. Wallahu a’lam bish-shawab