Tanya JawabCategory: Aqidahantara Iman dan Kuliah
adi asked 3 weeks ago

Assalamualaikum Buya Yahya, perkenalkan saya Adi, saat ini saya sedang menempuh kuliah semester 7 di salah satu universitas di indonesia. Saya memiliki kebingungan yang ingin saya tanyakan kepada Buya. Semoga Buya berkenan memberikan nasehat dan jawaban.
Sejak kecil saya dilahirkan di keluarga muslim, namun sejauh itu saya belum menemukan kenapa muslim. Sejauh ini, bisa dibilang saya hanya ikut-ikutan beribadah tanpa tau tujuan yang dapat saya yakini. Dan pada akhirnya, pada akhir-akhir masa kuliah ini, muncul banyak pertanyaan dari diri saya tentang islam. Mulai saat itu saya mulai belajar tentang islam kembali.
Namun kehidupan saya saat ini, masa lalu saya, seperti menghambat saya untuk bertaubat. Terutama lingkungan perkuliahan, yang bagi saya saat ini begitu bebas, dan bagi saya pribadi itu begitu berat untuk berdampingan dengan perbaikan saya. Bisa dibilang untuk beberapa waktu saya mencoba membiasakan diri dan tetap berusaha menjaga diri, tapi lagi-lagi iman saya goyah ya Buya. Lalu pertanyaan saya, Bagaimana kemudian saya harus bersikap ya Buya? Apakah saya fokus untuk maksimal memperbaiki diri atau menyelesaikan perkuliah sampai akhir dahulu? Selain itu, saya harus bagaimana, mengambil ilmu yang bagaimana, karena saya saat ini tidak tau harus belajar Islam dengan siapa? Semoga Buya berkenan memberi nasehat dan jawaban