buya-yahya-menjawab

(Buya Yahya Menjawab)

Assalamu ‘Alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh,
Buya yang ana hormati ana mau tanya Sholat Tahiyatul Masjid yang dilakukan pada hari jumat kan disunnahkan 4 rakaat. Kalau dikerjakan langsung 4 rakaat dengan satu salam, bolehkah tidak mengerjakan Tasyahud Awwal?
Wa’alaikum Salam wr. Wb.
Sholat Tahiyatul Masjid adalah Sholat yang dilakukan oleh seseorang yang memasuki masjid berapa roka’at pun boleh. Hanya umumnya dengan roka’at 2 roka’at. Jika dilakukan dengan lebih dari 2 rokaat misalnya 4 roka’at juga boleh dan itu lebih bagus. Semakin banyak semakin baik. Di saat melakukan 4 roka’at dianjurkan agar tidak pakai Tasyahhud Awwal. Dan jika pakaipun tetap sah.
Yang harus diketahui juga bahwa tidak ada anjuran khusus Tahiyatal Masjid di hari jumat dengan 4 roka’at. Kalau melakukan 4 rokaat boleh-boleh saja. Dan yang paling bagus di saat melakukan 4 rokaat adalah dengan 2 kali salam. Setiap 2 rokaat satu salam.

Hadits yang diriwayatkan oleh ibnu majah :
أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصلي قبلها أربعا
“ Bahwa Nabi Muhammad Saw melakukan Sholat sebelumnya (maksudnya jum’atan) 4 roka’at. “
Riwayat ini bukan masalah Tahiyatul Masjid, akan tetapi itu masalah Sholat Sunnah sebelum Jum’at. Masalah Sholat Sunnah Qobliyah Jum’at yang telah kami bahas dengan panjang lebar dalam risalah kami:
“سنة قبلية الجمعة كما فهمها العلماء”
Wallohu A’lam Bishshowab