LAPORAN BULAN JUNI JPG
LAPORAN INFAQ CENTER AL BAHJAH PERIODE JUNI 2015
July 1, 2015

HUKUM PUASA ORANG YANG TERKENA PENYAKIT GILA | Buya Yahya Menjawab

Master image

Assalamualaikum.. Buya, mohon penjelasannya : Bagaimana jjika ada orang yang sedang puasa lalu tiba-tiba gila. Bagaimana hukum puasanya? Misalnya gilanya hanya sehari, bagaimana apa harus diqodho?

Wa’alaikumussalam wr. Wb
Orang gila tidak wajib berpuasa bahkan seandainya berpuasa maka puasanya pun tidak sah. Namun dalam hal ini ulama membagi ada dua macam orang gila yaitu :

a. Orang gila yang disengaja jika berpuasa maka puasanya tidak sah dan wajib mengqodho’. Sebab sebenarnya ia wajib berpuasa kemudian ia telah dengan sengaja membuat di-rinya gila maka karena kesengajaan inilah ia wajib mengqodho’ pua-sanya setelah sehat akalnya.
b. Orang gila yang tidak disengaja tidak wajib berpuasa bahkan sean-dainya berpuasa maka puasanya tidak sah dan jika sudah sembuh dia tidak berkewajiban mengqodho’ ka-rena gilanya bukan disengaja.
Wallahu a’lam bisshowab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>