AGAR KELUARGA SAKINAH

AGAR KELUARGA SAKINAH

*AGAR KELUARGA SAKINAH*

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya Yahya, kami mau nanya bagaimana cara menjadikan keluarga sakinah?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Wr. Wb. Untuk mewujudkan keluarga sakinah harus ada ilmu yang dimiliki sang pelaku. Ada kebahagiaan yang disebabkan prilaku dzahir dan ada kebahagiaan yang sebabnya adalah batin. Kebahagiaan yang sebabnya perilaku dzahir di antaranya adalah setiap pasangan hendaknya:

  1. Siap melaksanakan kewajiban dan tidak banyak menuntut. Sekali anda menuntut itu artinya, anda telah mengajari pasangan anda untuk menuntut. Menuntut tidak ada pahala, yang ada adalah sabar.
  2. Mudah meminta maaf, meminta maaf akan menyuburkan keindahan karna minta maaf adalah pengakuan dari kesalahan sekaligus ikrar untuk tidak mengulangi kesalahan.

Bersalah lalu tidak meminta maaf adalah bom waktu bagi pasangan yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi pemberontakan serta dendam yang amat bertentangan dengan keindahan dan kebahagiaan. Sebab yang sifatnya batin diantaranya adalah:

  1. Banyak memohon kepada Allah.
  2. Tingkatkan kedekatan kepada Allah.
  3. Jadikan pernikahan sebagai sarana tolong menolong dalam berbakti kepada orang tua dan menyambung silaturahmi dengan saudara. Wallahu a’lam bish-shawab

Kelengkapan masalah ini telah telah kami hadirkan di Channel Youtube Buya Yahya dengan judul Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga (Link: http://bit.ly/2CeH1d8).